Banyak Pemerintah Daerah Tolak Pelamar CPNS dari Luar Daerah

Banyak Pemerintah Daerah Tolak Pelamar CPNS dari Luar Daerah
Info CPNS 2015 - Lowongan Kerja CPNS 2015 - JAKARTA - Kabid. (Kepala Bidang) Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bapak Syamsul Rizal sudah mengaku, pihaknya sangat sering menghadapi berbagai banyak kendala untuk dalam penetapan formasi CPNS 2015 untuk daerah. Pasalnya, banyak sekali kepala daerah dari negara kita yang banyak menolak formasinya dibuka untuk pelamar CPNS 2015 dari luar daerah. "Penetapan formasi CPNS 2015 selalu alot dikarenakan setiap daerah punya problem yang berbeda. Ada yang menerima pelamar dari luar serta banyak dari yang menolak pelamar CPNS 2015 dari daerah lain," kata Syamsul. Alotnya pembahasan formasi CPNS 2015 itu, berimbas pada molornya setiap penetapan formasi CPNS 2015.

Meski banyak formasi cpns yang menolak putra di luar daerah, menurut Syamsul, pihaknya tidak bisa membatasi hak pelamar formasi cpns 2015. Di dalam UU ASN, seluruh WNI berhak melamar CPNS 2015 di seluruh wilayah NKRI. "Kalau formasinya ada, kenapa tidak menerima putra dari luar daerah? Jika pemda keberatan bisa membuat ketentuan sendiri misalnya memberikan ketentuan mengikat tidak bisa pindah selama beberapa tahun," tuturnya. Syamsul mengimbau agar pemda lebih melihat kepada peningkatan profesionalisme pegawainya. Dengan adanya pelamar luar, kompetensi akan meningkat. SDM di daerah pun akan berupaya utuk semakin meningkatkan kemampuannya agar bisa bersaing dengan pelamar CPNS 2015 mendatang.

Kabar gembira Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menerbitkan Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi CPNS pelamar umum lingkup Pemprov NTB. Tahap selanjutnya, tinggal proses penerbitan SK pengangkatan CPNS 2015. Sementara NIP untuk honorer kategori II Terbaru masih belum dipastikan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), kendati seluruh semua berkas telah rampung. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) & Diklat NTB, Bapak H Muhammad Suruji mengatakan, tadinya memang sebanyak 26 orang pelamar yang proses penerbitan NIP-nya yang tersendat di BKN. Dalam tahap berikutnya terbit NIP untuk 23 pelamar, sehingga tersisa tiga orang. “Tapi sekarang seluruhnya sudah selesai. Total semua untuk CPNS 2014 pelamar umum provinsi 134 orang,” katanya. Dengan telah tuntasnya penerbitan NIP ini untuk pelamar umum ini, maka tahapan berikutnya kata mantan Kepala BKD Lombok Timur ini adalah semua proses penerbitan SK pengangkatan cpns. SK pengangkatan akan ditandatangani langsung oleh Gubernur TGB HM Zainul Majdi. “Setelah seluruh SK sudah rampung, maka seluruh pelamar CPNS akan kami undang ke BKD untuk menerima SK pengangkatan CPNS mereka,” kata Suruji.