Akhirnya Kategori K2 Diumumkan

Akhirnya Kategori K2 Diumumkan
JAKARTA – Selamat malam masyarakat, hal yang sangat ditunggu bagi pegawai ketegori K2 datang juga, karena Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2013 menyampaikan berita kelulusan tenaga honorer kategori 2 (K-2) pada lima (5) kementerian dari delapan (8) kementerian dan  lembaga (K/L). K/L dimaksud adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepolisian Negara RI (POLRI), Kementerian Kesehatan, dan Mahkamah Agung.
 
Pengumuman ini dilakukan, setelah pejabat pembina kepegawaian (PPK) masing-masing K/L melakukan verifikasi kebenaran dan keabsaham data tenaga honorer K-2 di instansi masing-masing seperti arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar pertengahan Maret 2014. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan, terutama peserta tes yang lulus ternyata datanya bodong.

Seperti halnya pejabat pembina kepegawaian (PPK) pemerintah daerah, PPK K/L juga harus menandatangani surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM) saat menyerahkan berkas tenaga honorer K2 yang dinyatakan lulus. Untuk membantu verifikasi, Panselnas menyiapkan formulir 10 kolom mengenai nama, nomor ujian, umur, Terhitung Mulai Tanggal (TMT), ijasah waktu diangkat sebagai tenaga honorer, ijasah sekarang, posisi pekerjaan, di mana dia bekerja, dan lain-lain. Kolom-kolom itu harus diisi dengan akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.  Karena itu, dalam pengumuman kali ini menampilkan data CPNS dari honorer K-2 secara lebih rinci. Selain nama dan nomor peserta, data CPNS juga ditampilkan dalam pengumuman, seperti tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan awal dan akhir berikut tahun lulusnya, tanggal mulai terhitung (TMT) dan surat ketetapan (SK) pengangkatan, nama pekerjaan, dan unit kerja dari tenaga kategori K2 tersebut.

Asdep Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Arizal mengatakan, unit kerja yang tercantum tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Begitupun pendidikan, ada yang mulai dari paket C, sekolah dasar, sampai sarjana strata satu. “Instansi yang belum mengumumkan tinggal Kementerian Agama, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Pekerjaan Umum,”  Daftar tenaga honorer K-2 yang dinyatakan lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 diumumkan secara resmi melalui website : cpns.menpan.go.id, sscn.bkn.go.id.

Kabar gembira ini sudah dtunggu kehadirannya sejak awal tahun 2014 kemarin, Berbahagialah untuk merek yang lolos K2, dan kalau yang belum bersabarlah, mungkin ini blum rejeki dari yang belum diterima.