Wonogiri Anggarkan 700 Jt untuk Seleksi CPNS 2014

Wonogiri Anggarkan 700 Jt untuk Seleksi CPNS 2014Pemerintah Kabupaten Wonogiri segera menganggarkan dana APBD sebesar Rp 700.000.000,- untuk rekrutmen CPNS tahun 2014 mendatang. Namun, Pemkab hingga kini belum mendapat kepastian dari pemerintah pusat apakah kabupaten itu diizinkan untuk menggelar rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2014 ini. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri, Rumanti Permanandiyah mengatakan, pihaknya sudah mengajukan usulan rekrutmen CPNS. "Kami sudah mengajukan lebih dari 1.000 formasi CPNS kepada pusat," katanya. Tetapi, pihaknya sampai sekarang belum menerima kepastian dari pemerintah pusat.


 Pemerintah kabupaten juga belum tahu apakah syarat alokasi maksimal APBD untuk pegawai masih diberlakukan. Tahun 2013 lalu, Wonogiri tidak bisa mengadakan rekrutmen CPNS karena alokasi anggaran untuk pegawai lebih dari 50% dari jumlah APBD Kabupaten Wonogiri. "Kami belum menerima ketentuan terbaru dari Menpan (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara). Kami juga belum tahu apakah ada info pencabutan moratorium CPNS," katanya.

Dia mengungkapkan, Pemerintah kabupaten Wonogiri semakin kekurangan PNS karena sudah tiga tahun tidak diizinkan mengadakan rekrutmen CPNS. Padahal, setiap tahun selalu ada pegawai yang pensiun. "Sampai Mei ini saja sudah ada sekitar 200 orang yang pensiun. Sampai akhir tahun diperkirakan lebih dari 300 orang yang pensiun," katanya.
Akibatnya, kebutuhan PNS di Pemerintah kabupaten mencapai sekitar 1.500 orang. Sebagian besar merupakan formasi kesehatan dan pendidikan. Namun, tidak sedikit kekurangan pada formasi teknis, seperti petugas bagian adminsitrasi hingga petugas pekerjaan umum.

Harapan dari Masyarakat Wonogiri dan daerah sekitar semoga Pemerintah Pusat segera mengamini usulan rekrutmen CPNS untuk tahun 2014 ini. semoga niat baik pemerintah kabupaten Wonogiri ini segera terkabul.