Wagub. Maluku Utara Puas dengan Kinerja CAT CPNS

Manado-Humas BKN, Wagub (Wakil Gubernur) Maluku Utara/Malut Bapak Abdul Gani Kasuba sudah sangat menyampaikan dan memberi komentar atas banyaknya keuntungan dibanding kerugian dalam penggunaan metode CAT-BKN dalam proses seleksi CPNS Tahun 2014 ini. Pernyataan tersebut diungkapkan ditengah-tengah Rapat Koordinasi Kepegawaian Manajemen Aparatur Sipil Negara, pertengahan Mei 2014 lalu di Kantor Regional/Kanreg XI BKN Manado.

selain itu Bapak Abdul Gani Kasuba juga mengungkapkan terkait banyaknya berbagai keuntungan dengan pemanfaatan CAT-BKN dalam proses rekrutmen CPNS yang menggunakan metode CAT. Berbagai keuntungan yang bisa diambil dalam pengambilan selesksi dengan metode CAT menurut Bapak Wagub Malut yaitu karena nilai dan hasil seleksi dengan metode CAT-BKN lebih cepat, tidak memerlukan banyak kertas, lebih objektif, efektifa, efisien dan akuntabel. Keuntungan lainnya, menurut Bapak no. 2 Malut yaitu metode Cat-BKN dinilai jujur karena hasilnya tanpa adanya campurtangan pemangku kepentingan. Kemudian menurutnya banyak masyarakat luas juga dapat melihat langsung pencapaian hasil ujian, sehingga peserta menjadi yakin atas objektifitas penilaian. “Kami lebih mudah mempertanggungjawabkan kepada masyarakat,” pungkas Bapak Abdul Gani.

Selanjutnya Bapak No. 2 di Malut Abdul Gani Kasuba mengatakan bahwa diterapkannya metode CAT-BKN pada proses seleksi CPNS 2013 merupakan langkah konkrit Pemprov. Malut dalam mendukung reformasi birokrasi sistem rekrutmen. Abdul Gani Kasuba menambahkan pada prinsipnya bahwa dengan menggunakan CAT-BKN, Pemerintah provinsi Maluku Utara ingin memperoleh sumber daya manusia (SDM) aparatur yang kompeten dimasing bidangnya. “Dengan niat, tekad, kerja keras & bantuan Tim Teknis dari CAT-BKN, Pemprov. Malut berhasil menyelenggarakan rekrutmen CPNS mandiri untuk pertama kalinya,” kata Abdul Gani Kasuba. Suba.


No
Kegiatan
Tanggal
1.
Penyampaian rincian usul tambahan formasi CPNS oleh instansi, paling lambat
24 Juli 2014
2.
Penetapan/persetujuan rincian formasi CPNS 2014
Minggu ke-II Agustus
3.
Pengumuman lowongan formasi oleh instansi
11-24 agustus 2014
4.
Pendaftaran secara online seleksi CPNS di http://panselnas.menpan.go.id

25-29 Agustus 2014
5.
Pelaksanaan seleksi CPNS (TKD dan TKB bagi instansi yg menyelenggarakan
1 September 2014 s/d selesai

6.
Instansi menyerahkan hasil TKD kepada Panselnas (Panitia Seleksi Nasional)

7.
Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) menyampaikan hasil TKD dan hasil integrasi TKB kepada instansi, 1 minggu setelah instansi menyampaikan hasil TKD dan TKB kepada Panselnas (Panitia Seleksi Nasional)

8.
Instansi membuat SK kelulusan yg ditandatangani PPK dan disampaikan kepada Panselnas dan BKN

9.
Instansi mengumumkan peserta yang dinyatakan lulus melalui media online dan media cetak