Simulasi CAT CPNS 2016 di UNPAD di Serbu Peserta Job Fair

Simulasi CAT CPNS 2016 di UNPAD di Serbu Peserta Job Fair
BANDUNG - Sabtu tanggal 16 April 2016 di Bandung bahwa Antusiasme pengunjung Job Fair Ikatan Keluarga Alumni Universitas Pajajaran (IKA Unpad) 2016 pada hari pertama sangat ramai dan banyak sekali. Stand dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tampak dipadati oleh pengunjung job fair UNPAD sejak dibuka pukul 09.00. Tidak hanya mahasiswa saja tp warga masyarakat umum terutama pencari kerja (Pencaker). Job fair yang diadakan selama dua hari, 16 - 17 April 2016 ini terdiri dari 23 stand perusahaan-perusahaan yang ternama di Indonesia untuk menginformasikan lowongan pekerjaan bagi para pemuda-pemudi Indonesia. Seperti dalam ajang serupa, Kementerian PANRB kali ini menggelar CAT atau simulasi Computer Assisted Test, metode tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2016 yang sudah diterapkan secara penuh pemerintah sejak tahun 2014. Melalui simulasi , pemerintah memperkenalkan sistem yang sudah teruji mampu menghapus berbagai kecurangan seperti banyak dikeluhkan masyarakat. Simulasi ini, juga bisa mengobati rasa keingintahuan mereka jika nanti mereka mengikuti tes CPNS 2016 sungguhan.
Pengunjung tidak hanya terdiri dari anak muda, tetapi dari kalangan orang dewasa hingga bapak-bapak dan ibu-ibu. Selain mencoba simulasi CAT CPNS 2016, banyak pengunjung yang berkonsultasi langsung mengenai tes simulasi CAT CPNS 2016, mulai dari prosedur pelaksanaannya sampai jadwal. Simulasi menjadi semakin menarik, karena peserta dengan nilai tertinggi pada simulasi ini akan mendapatkan souvenir. Bayu mahasiswa semester akhir Sastra Jepang Universitas Padjadjaran, pengunjung yang telah mencoba simulasi CAT CPNS 2016 mengatakan, bahwa dengan adanya simulasi CAT CPNS ini sangat membantu, terutama dengan soal-soal yang diberikan. "Saya bisa melihat langsung nilai yang saya dapat, jadi saya bisa tahu kemampuan saya sampai mana," ujarnya. Hal senada dikatakan Dyah, alumnus UIN Sunan Gunung Djati jurusan kimia murni. "Simulasi ini sangat membantu dan soal-soal yang diberikan ternyata diluar bayangan, jadi sangat membantu untuk lebih giat menambah wawasan lagi," tuturnya.

Diyah juga berharap agar Kementerian PANRB sering-sering mengadakan simulasi CAT CPNS 2016 seperti ini, karena sangat berpengaruh pada peluang tes nanti dan masih banyak orang yang belum tahu. Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Bapak Herman Suryatman mengatakan, antusiasme peserta untuk mengunjungi stand Kemenpan dan mengikuti simulasi CAT CPNS 2016, merupakan sebuah sinyal kuat bahwa generasi muda mengidolakan profesi PNS. "Melalui penggunaan CAT CPNS 2016 ini. Kementerian PANRB berkomitmen untuk menjamin pelaksaaan seleksi CPNS 2016 makin bersih, profesional, objektif dan bebas KKN," ujar Herman. Ditambahkan, bagi yang tidak sempat mengikuti simulasi CAT CPNS 2016 dalam acara ini, masyarakat dapat melakukan simulasi CAT secara online di website Kementerian PANRB secara gratis. Selain Kementerian PANRB, Kementerian Pariwisata juga tampil dalam Job fair ini. Selain itu, sejumlah BUMN, serta perusahaan swasta ternama tak mau ketinggalan. Selain simulasi CAT, dalam event itu juga disampaikan berbagai informasi terkait seleksi ASN tahun 2014, antara lain daerah yang memperoleh formasi CPNS.