Grobogan Buka CPNS 2016

Grobogan Akan Buka CPNS 2015
Sekilas dengan Kabupaten Grobogan
Kabupaten Grobogan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya yaitu Purwodadi. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Blora di timur; Kabupaten Ngawi (Jawa Timur), Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Boyolali di selatan; Kabupaten Semarang di barat; serta Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Pati di utara.
Lowongan CPNS 2016 - Tahun 2016 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan masih memiliki kesempatan untuk mengajukan Formasi CPNS ke pemerintah Pusat (menpanrb) agar bisa membuka Lowongan CPNS 2016 Kabupaten Grobogan.

Hal ini untuk mengisi kebutuhan tenaga PNS di wilayah kerja Pemerintahan Daerah Grobogan agar semua aktifitas pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Sehingga Roda Birokasi Pemerintahan bisa berjalan dengan efektif dan sangat efisien.

Geografi


Kabupaten Grobogan merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap, dan berbatasan langsung dengan 9 kabupaten lain. Letak astronomis wilayah antara 110° 15' BT – 111° 25' BT dan 7° LS - 7°30’ LS, dengan jarak bentang dari utara ke selatan ± 37 km dan dari barat ke timur ± 83 km.Secara geografis, Grobogan merupakan lembah yang diapit oleh dua pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara di bagian utara. Bagian tengah wilayahnya adalah dataran rendah. Dua sungai besar yang mengalir adalah Kali Serang dan Kali Lusi.


Dua pegunungan tersebut merupakan hutan jati, mahoni dan campuran yang memiliki fungsi sebagai resapan air hujan disamping juga sebagai lahan pertanian meskipun dengan daya dukung tanah yang rendah.Lembah yang membujur dari barat ke timur merupakan lahan pertanian yang produktif, yang sebagian telah didukung jaringan irigasi. Lembah ini selain dipadati oleh penduduk juga aliran banyak sungai, jalan raya dan jalan kereta api.

Sebelumnya ibukota kabupaten Grobogan terletak di Kecamatan Grobogan bukan di Kecamatan Purwodadi, akan tetapi kemudian dipindah di Purwodadi, Bupati Grobogan pertama kali adalah Raden Surokerti Abinarang dan Bupati yang paling legendaris adalah Soegiri serta Bupati yang kontroversial adalah H. Agus Supriyanto, SE. Budaya yang paling terkenal di Grobogan ini adalah seni tayub, dengan pemainnya yang legendaris adalah Lasmi dari desa Kropak.


Etimologi

 Asal mula daerah itu disebut grobogan menurut cerita tutur yang beredar di daerah Grobogan, suatu ketika pasukan kesultanan Demak di bawah pimpinan Sunan Ngundung & Sunan Kudus menyerbu ke pusat kerajaan Majapahit. Dalam pertempuran tersebut pasukan Demak memperoleh kemenangan gemilang. Runtuhlah kerajaan Majapahit. Ketika Sunan Ngundung memasuki istana, dia menemukan banyak pusaka Majapahit yang ditinggalkan. Benda-benda itu dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam sebuah grobog, kemudian dibawa sebagai barang boyongan ke Demak. Di dalam perjalanan kembali ke Demak, grobog tersebut tertinggal di suatu tempat karena sesuatu sebab, tempat itulah yang kemudian disebut Grobogan. Grobog sendiri adalah tempat menyimpan senjata/barang pusaka, wayang, perhiasan, dan sebagainya. Peristiwa tersebut sangat mengesankan hati Sunan Ngundung, sebagai kenangan, tempat tersebut di beri nama Grobogan, yaitu tempat grobog tertinggal.


Geologi dan jenis tanah

Berdasarkan bentang alam dan asosiasi batuan penyusunnya, terdapat 7 jenis batuan, yaitu paleosen fasies sedimen, paleosen fasies batu gamping, pleistosen fasies sedimen, miosen fasies batu gamping, dan aluminium. Dari jenis batuan tersebut yang sebarannya merata adalah batuan aluminium dan paleosen fasies sedimen.Hasil pelapukan batuan dan sedimentasi menghasilkan jenis tanah yang ada saat ini, yaitu aluvial dengan bahan induknya endapan liat dan pasir; Asosiasi Litosol, Mediteran kuning dan Rensina dengan bahan induknya batu kapur dan napal lunak; Komplek Regosol kelabu dan Grumosol kelabu tua dengan bahan induknya batu kapur dan napal; Grumosol dengan bahan induk endapan liat; Grumosol dengan bahan induk batu kapur dan napal; Asosiasi Grumosol tua coklat dengan bahan induk napal lunak; Asosiasi Mediteran merang kekuningan dan Mediteran coklat kekuningan dengan bahan induk batu liat lunak; Komplek Mediteran coklat kemerahan dan Litosol dengan bahan induk batu kapur dan napal. Dari jenis tersebut, aluvial kelabu dan aluvial coklat keabuan mempunyai sebaran yang hampir merata pada seluruh wilayah.


Info Lowongan CPNS 2016 Kabupaten Grobogan
Lowongan CPNS Kab. Grobogan akan dibuka sekitar bulan Juli 2016 jika usulan Pemerintah Daerah disetujui oleh BKN. Pengumuman penerimaan CPNS 2016 Pemerintah Daerah dapat dilihat secara online di web resmi BKD Pemerintah Daerah Grobogan: bkd.grobogankab.go.id atau langsung ke Kantor BKD Pemerintah Daerah Grobogan sekitar bulan Juli 2016


UNTUK LATIHAN SOAL CPNS 2016 SILAHKAN KLIK DISINI

  • Dialokasikan 5% (lima persen) formasi untuk lintas disiplin ilmu
  • Pelaksanaan seleksi CPNS 2016 seluruhnya menggunakan sistem berbsais komputerisasi lebih dikenal dengan CAT
  • Pendaftaran & registrasi dilakukan secara online melalui satu pintu melalui panselnas.menpan.go.id
  • Satu pelamar dapat memilih 3 jabatan dalam 1 instansi/kementerian
  • Pendaftaran Seleksi CPNS 2016 akan dilaksanakan kira - kira pada bulan 20 Agustus - 3 September 2016
  • Pelaksanaan seleksi CPNS 2016 akan dilaksanakan kira-kira mulai 8 September 2016 - Selesai
  • Persyaratan Administrasi SKCK dari kepolisian, Kartu Kuning/Ak 4, Surat Keterangan Sehat TIDAK DIPERLUKAN saat registrasi awal
  • Saat registrasi awal yang diperlukan hanya Nama Lengkap, NIK dan alamat E-mail
  • Tes CAT CPNS 2016 Terdiri dari Tes kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Materi TKD meliputi Tes Intelegensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, & Tes karakteristik pribadi