Jadi PNS, Pintar Saja Tak Cukup

Jadi PNS, Pintar Saja Tak Cukup
Lowongan CPNS 2015 Menpan, Info CPNS 2015 BKN, Info CPNS 2015 Terbaru, Info Honorer K2 Terbaru, Info K2 terbaru, Info Honorer K2 Hari ini, Info PPPK Terbaru, Info P3K Terbaru, Lowongan CPNS Menpan 2015, Lowongan CPNS 2015, Info CPNS Menpan 2015, JAKARTA – menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pintar saja tidak cukup, menurut Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Bapak Dwi Wahyu Atmaji. Melainkan harus berkarakter, tanggung jawab, disiplin, memiliki integritas, dan lain-lain, seperti tertuang dalam nilai-nilai kode etik Kementerian PANRB, yaitu integritas, profesional, serta akuntabel (IPA). “Keberhasilan seseorang tidak bisa diukur karena kepintarannya. Kalian harus lebih baik dari itu. Orang pintar juga harus memiliki nilai-nilai baik agar tidak rusak,” ujarnya saat membuka Orientasi Wawasan dan Tugas bagi CPNS Kementerian PANRB di Jakarta.

Dia juga menjelaskan secara panjang lebar, para calon PNS tersebut sekarang hidup di era Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara), dimana pegawai yang tidak berkinerja dan malas-malasan dapat diberhentikan. Apalagi KemenPANRB punya peran yang sangat penting yaitu memiliki tugas serta fungsi untuk menilai Kementerian yang lain supaya para pegawainya dapat bekerja dengan baik, sehingga sasaran dari pembangunan dapat terwujud. "Jadi kita harus memberi contoh yang baik juga,” imbuhnya. Untuk memajukan negara, lanjutnya, diperlukan birokrasi serta pemerintahan yang baik. Sebenarnya di Indonesia sudah mengalami banyak kemajuan, tapi negara lain selain kita jauh lebih cepat dalam mengajukan diri mereka. Untuk kategori Asean saja, Indonesia sudah kalah dan disalip oleh Vietnam. Kalau tidak diawali dari komitmen yang tinggi, negara kita bisa semakin jauh tertinggal, tuturnya. Kepala Biro SDM dan Umum T. Eddy Syah Putra pada kesempatan itu juga mengungkapkan, peserta Orwastu sebanyak 20 formasi dengan formasi tambahan 5 (lima) orang Putra/Putri terbaik bangsa serta satu orang Papua. Diinformasikan pula pada pendaftaran secara online kemarin melalui pwebsite resmi panselnas berjumlah 6.528 orang, dan yang terdaftar di website menpan.go.id ada 1.253 pelamar.

Sedangkan yang mengumpulkan berkas ada 588 orang. Setelah diseleksi administrasi tahap awal, yang lulus hanya ada 119 orang. Kemudian dilakukan seleksi lanjutan TKD (Tes Kompetensi Dasar) pada tanggal 7 sampai 21 Oktober 2014, yang pelaksanaannya di 19 provinsi bekerjasama dengan Kemendikbud. Selanjutnya pada tanggal 8 November 2014 dilaksanakan TKB (Tes Kemampuan Bidang) yang bertempat di KemenPANRB dan bekerjasama dengan konsultan. “Dari 20 formasi umum yang disediakan, ternyata hanya 16 orang yang lulus dengan 7 orang putera dan sebelas orang puteri. Semuanya sudah melaksanakan pemberkasan di BKN dan telah mendapat NIP. Untuk kategori putera puteri terbaik, kita memperoleh 1 orang dari seleksi yang dilaksanakan Kemendikbud, serta 1 orang dari formasi Papua,” ujarnya. Secara keseluruhan, ada 18 orang yang menjadi CPNS KemenPANRB Tahun Angkatan 2014. Dengan tingkat pendidikan S1 ada 12 orang, D3 ada 3 orang, dan S2 ada 3 orang. Penempatan sesuai formasi pelamar ada di Sekretariat KemenPANRB sejumlah 12 orang, di Kedeputian Bidang SDM dan Aparatur ada 3 orang, Kedeputian Bidang Pelayanan Publik ada 2 orang.