Mengungkap Tes CPNS 2014

Tes CPNS yang akan diberlakukan pada tahun 2014 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika pada tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya masih menggunakan model Lembar Jawab Komputer (LJK) maka pada pelaksanaan tes CPNS 2014 kali ini model tes seperti itu sudah tidak diberlakukan lagi, sebagai gantinya pemerintah dalam hal ini MENPAN akan memberlakukan tes secara ONLINE. Sehingga dengan model tes CPNS seperti ini dimungkinkan proses pelaksanaan perekrutan CPNS akan lebih cepat, efektif dan efisien, Juga dengan model seperti ini akan mengurangi kecurangan yang terjadi dan biaya pada pelaksanaan tes CPNS 2014.

Mengungkap Tes CPNS 2014 - Dijelaskannya, untuk tahun 2014 ini akan dibuka formasi baru dengan kuota 100 ribu orang. Bagi daerah yang sudah siap, pengajuannya bisa lewat online dan tidak perlu datang ke Jakarta. "Sekarang kita pake IT semua. Ini lebih menghemat waktu dan biaya juga. Nanti tiap-tiap instansi akan diinformasikan berkas apa yang kurang" terang politisi PAN ini.

Penghematan dalam proses pelaksanaan tes CPNS kemungkinan karena tidak ada lagi penggunaan kertas (ATK) yang tidak lagi dibutuhkan, sehingga pemerintah tidak lagi menganggarkan dana untuk pengadaan keperluan tes CPNS seperti tahun-tahun sebelumnya seperti pengadaan kertas, pensil, map ataupun ATK yang lainnya.

Tak hanya usulan saja menggunakan online, tetapi penetapan formasi pun akan diekspos secara online. Dengan demikian masyarakat bisa tahu daerah mana yang mendapatkan formasi. Mereka juga bisa melamar di mana saja sesuai kompetensi dan formasi yang ada. 

Dengan diberlakukannya model tes CPNS secara ONLINE diharapkan pelaksanaan tes akan lebih mudah dan proses hingga pengumuman hasil tes CPNS lebih cepat sehingga tidak ada kendala yang timbul dalam proses pelaksanaan tes CPNS 2014.