CPNS 2014 Usulkan Banyak Formasi

Kebutuhan pegawai di setiap instansi pemerintah di Indonesia setiap tahunnya bertambah, ini dikarenakan banyaknya pegawai yang sudah melebihi batas umur pensiun maupun dikarenakan banyaknya pekerjaan yang membutuhkan personil tambahan. Banyaknya pegawai negeri sipil yang memasuki masa pensiun di seluruh instansi pemerintah di Indonesia linier dengan kebutuhan pegawai negeri sipil yang baru untuk menggantikan posisi pegawai yang telah pensiun tersebut. Sehingga pada tahun 2014 ini MENPAN mengusulkan sebanyak 100 ribu formasi untuk pegawai berstatus PNS dan pegawai dengan status pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau disebut P3K.

CPNS 2014 Usulkan Banyak Formasi - Senada dengan pernyataan MENPAN, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, Sumatera selatan, sudah menyiapkan usulan formasi untuk seleksi CPNS tahun 2014.

AdaSekitar 200 formasi sudah dirancang, terbagi untuk formasi tenaga kesehatan, pendidikan, dan teknis. "Setelah dirumuskan, formasi yang dibutuhkan, usulan baru diusulkan" ujar Kepala BKD Empat Lawang, Januarsyah, kemarin.

Disebutkan, pemkab membutuhkan dokter spesialis, guru kelas, guru SMK, perawat, bidan, dan penyuluh pertanian. "Kebutuhan tenaga CPNS memang sangat banyak, makanya akan kita usulkan sebanyak mungkin" ujar Januarsyah.

Dikatakan, pada tahun 2014 sistem penerimaan CPNS berbeda dari sebelumnya. "Nantinya akan menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Hal ini dilakukan demi transparansi proses seleksi. Setelah tes, masing-masing peserta bisa langsung mengetahui nilainya, jadi sangat transparan" ujarnya.