Formasi dan Alokasi CPNS 2017 Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Formasi dan Alokasi CPNS 2017 Kementerian Badan Usaha Milik Negara

PENGUMUMAN
 
NOMOR : PENG-01/PANSELCPNS.MBU/2017
TENTANG PELAKSANAAN SELEKSI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2017


Kementerian BUMN Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2017, membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian BUMN, dengan ketentuan sebagai berikut:

I. UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI
PENEMPATAN)
1. Sekretariat Kementerian BUMN (Sek)
2. Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi (Agro)
3. Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata (ELKP)
4. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media (PISM)
5. Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP)
6. Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan (JKJSK)
7. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha (RPU)
8. Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis (Infra)




KRITERIA PELAMAR
1.  Kebutuhan dari masing-masing jabatan di peruntukan bagi pelamar dengan kriteria:
a.  Cumlaude  adalah pelamar lulusan terbaik  (cumlaudel  dengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude/pujian pada ijasah atau transkrip nilai.
b.  Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi. 
c.  Putra/putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria: Menamatkan pendidikan SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat (yang dibuktikan dengan ijazah); atau Berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) ash Papua (yang dibuktikan dengan surat akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa).
d.  Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b, dan c di atas.  

TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kementerian BUMN.
2. Pelamar hanya dapat mendaftar 1 (satu) jenis jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
3. Dokumen persyaratan terdiri dari:
a.  Surat lamaran ditujukan kepada Menteri BUMN di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman: https://sscn.bkn.go.id).  
b.  Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)/dari instansi berwenang.
c.  Ijazah dan transkrip nilai ijazah ash.
d.  Khusus bagi pelamar dengan kriteria putra/putri Papua dan Papua Barat: Ijazah SD, Ijazah SLTP dan Ijazah SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat; atau Ash surat akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepada desa yang menerangkan bahwa pelamar asal dari Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) ash dari Papua/Papua Barat.
e.  Sertifikat nilai skor bahasa inggris, dikecualikan untuk pelamar dengan kriteria putra/putri Papua dan Papua Barat. 
f.  Surat pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000,- dan ' ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwama hitam (format surat pernyataan dapat diunduh dilaman: https://sscn.bkn.go.id).
g.  Pas Photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4.
4. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman:
https://sscn.bkn.go.id  dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor NIK Kepala Keluarga pada KTP Kepala Keluarga.
5. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11 September 2017 s.d. 25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).