Sulawesi Barat 2016 Masih Kekurangan Guru

Sulawesi Barat Kekurangan Guru
Lowongan CPNS 2016 Menpan, Info CPNS 2016 BKN, Info CPNS 2016 Terbaru, Info Honorer K2 Terbaru, Info K2 terbaru, Info Honorer K2 Hari ini, Info PPPK Terbaru, Info P3K Terbaru, Lowongan CPNS Menpan 2016, Lowongan CPNS 2016, Info CPNS Menpan 2016, Mamuju Sulawesi Barat, Sulbar - Jumlah tenaga guru/pengajar/pendidik pada seluruh tingkatan pendidikan di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) masih sangat kurang sehingga dalam kegaitan belajar mengajar sangat mempengaruhi perbaikan mutu serta kualitas anak didik yang ada di daerah ini. "Jumlah tenaga guru dari semua tingkatan dari yang paling rendah yaitu mulai tenaga pengajar/pendidik SD, SMP dan SMU sangat minim. Ini tersebar di enam kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Barat," kata Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Sulbar, Bapak DR. Mulyadi Bintaha.

Diperkirakan provinsi Sulbar ini masih membutuhkan sekitar 500 tenaga guru. Karena itu, pemerintah dalam hal ini adalah kemenpanrb agar bisa menyiapkan kuota penerimaan CPNS 2016 agar kekurangan tenaga guru di daerah ini bisa terpenuhi. Dia mengatakan hal ini penting untuk bisa diperhatikan agar kekurangan tenaga guru/pengajar/pendidik bisa tertangani dengan baik dan merata. "Kualitas peserta didik tidak akan bisa tertangani dengan maksimal apabila daerah tidak menyiapkan tenaga pendidik yang handal dan profesional. Karena itu, kita upayakan agar pemerintah menyiapkan kuota penerimaan CPNS 2016," kata Mulyadi. Kekurangan tenaga pengajar/pendidik/pengajar ini rupanya tidak berdampak pada upaya peningkatan Indeks Manusia Pembangunan (IPM) yang saat ini mengalami perbaikan. Anggota DPRD Sulawesi Barat, Tomi mengatakan kurangnya jumlah tenaga pengajar/pendidik di Sulbar menjadi keprihatinan karena hal itu memberi dampak negatif pada kualitas pendidikan yang ada di daerah ini.

Dibandingkan daerah lain yang ada di negera Kita Indonesia ini, utamanya Jawa, kualitas pendidikan di Sulawesi barat dinilai masih sangat rendah sehingga persoalan ini mesti harus dijadikan perhatian penting dari pemerintah pusat yang ditangani oleh Kemenpanrb. "Kami harapkan agar Diknas Sulbar dapat melakukan terobosan melalui program peningkatan mutu tenaga pendidik / pengajar sehingga membawa peningkatan pendidikan di Sulbar untuk meningkatkan SDM," ujar Mulyadi.