Bengkulu Membutuhkan 1.000 Guru

Bengkulu Membutuhkan 1.000 Guru
Lowongan CPNS 2015 Menpan, Info CPNS 2015 Terbaru, Info CPNS 2015 BKN, Info Honorer K2 Terbaru, Info K2 terbaru, Info Honorer K2 Hari ini, Info P3K Terbaru, Lowongan CPNS Menpan 2015, Info PPPK Terbaru, Lowongan CPNS 2015, Info CPNS Menpan 2015, Info Lowongan CPNS 2015 Kota, BENGKULU - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Bapak Atisar Sulaiman mengatakan bahwa saat ini Bengkulu masih kekurangan guru. Jumlahnya sangatlah banyak mencapai lebih seribu orang. Untuk kepastian jumlah guru yang diperlukan itu, pendataan sebaran guru saat ini tengah dilakukan. Atisar menyebutkan, kekurangan guru ini terjadi pada guru PNS di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA dan SMK. Usai pendataan Guru, kekurangan jumlah guru segera disampaikan ke pemerintah pusat. Sehingga kuota Calon Pegawai Negeri Sipil 2015 (CPNS) 2015 formasi guru bisa ditambah.

“Apalagi untuk tenaga yang mengajar Sekolah Luar Biasa (SLB) jauh dari harapan,” ungkap Atisar. Beberapa sekolah di Bengkulu memang ada yang kelebihan tenaga pengajar/guru. Tetapi lebih banyak juga sekolah yang kekurangan, khususnya di kabupaten. Untuk itu Dispendik Provinsi Bengkulu sendiri akan meminta kabupaten/kota lebih mengutamakan pemerataan guru. “Di beberapa kabupaten, banyak sekolah baru. Baik negeri ataupun swasta yang rata-rata masih kekurangan jumlah guru yang mengajar di sekolah tersebut. Makanya Bengkulu bisa dikatakan darurat penambahan guru. Terutama di daerah terpencil yang letaknya jauh dari akses jalan kendaraan umum. Tujuannya agar proses kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah di Bengkulu bisa lebih baik," paparnya.

Gubernur Provinsi Bengkulu Junaidi Hamsyah juga mengungkapkan, tahun ini bakal ada penerimaan tes CPNS 2015. Formasi yang diutamakan dalam formasi CPNS 2015 adalah tenaga pendidikan dan kesehatan. Untuk Kesehatan sendiri terutama untuk dokter spesialis dan tenaga perawat. Selain itu tenaga guru dan teknis lainnya. Usulan kuota yang disampaikan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), masih dikaji serta dihitung kebutuhannya. Usulan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga masih direkapitulasi.

Pihaknya juga masih menunggu tahapan keputusan dari KemenPAN RB. Pelaksanaan tes CPNS 2015 juga masih menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) seperti tahun 2014 lalu, untuk seluruh kabupaten/kota. “Tahun ini penerimaan CPNS 2015 khusus Pemprov, diutamakan formasi tenaga kesehatan dan pengajar/pendidik/guru. Sebab kita masih butuh banyak tenaga dokter. Namun bukan berarti tenaga teknis lainnya tidak diusulkan,’’ paparnya. Terkait rencana pegangkatan tes CPNS 2015 jalur honorer kategori II, pihaknya juga masih menunggu regulasi dari KemenPAN RB. Namun Pemprov tetap menginginkan proses pelaksanaan CPNS 2015 ini lebih bisa transparan. Sehingga tidak ada kecurangan. Baik itu honorer siluman ataupun suap menyuap. “Untuk tes CPNS honorer masih menunggu petunjuk pasti dari pusat. Kita akan ikuti regulasi yang ada,” tandas Junaidi.

sumber : JPNN