Simulasi CAT CPNS Undip Datangkan Ribuan Peserta

Simulasi CAT CPNS Undip Datangkan Ribuan Peserta
Semarang - Simulasi CAT CPNS 2014 yang dilaksanakan di Universitas Diponegor Semarang selama 1 hari ini ribuan peserta dari berbagai daerah. Sekitar 3.000 orang antusias mendatangi acara sosialisasi CAT CPNS 2014 ini  beda halnya kalau di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Kamis (03/07). sebagian pengunjung tidak bisa mendapat giliran mengikuti simulasi CAT, karena hanya tersedia 20 laptop kalau di Undip Panitia menyediakan 50 buah laptop/notebook yang diperkirakan bisa digunakan sekitar 1.500 s/d 2.000 orang,”
Simulasi CAT CPNS Undip Datangkan Ribuan PesertaKarena Peserta diluar dugaan Panitia, sehingga panitia berusaha menambah sarana & fasilitas yang semula 50 laptop yang disiapkan menjadi 70 buah laptop. Semua itu dilakukan mengingat antrean yang sangat panjang telah memadati halaman parkir gedung Prof. Dr Soedharto, Undip Tembalang. Bahkan ada peserta yang mengaku sudah datang sejak pukul 06.00 pagi. Selain berbagai Peserta dari kalangan mahasiswa dan alumni Undip dan perguruan tinggi lain di Semarang, banyak juga yang datang dari luar kota.

Seperti yang terjadi disimulasi CAT CPNS 2014 sebelumnya, setiap peserta mempunyai waktu sepuluh menit untuk mengerjakan soal latihan CAT, dan ada jedah waktu yang bisa digunakan untuk persiapan kurang lebih dua sampai dengan  lima menit. maka artinya, setiap laptop/notebook bisa digunakan 4 – 5 orang dalam 1 jam.

Pelaksanaan kegiatan simulasi CAT CPNS 2014 ini dilakukan dengan bekerjasama dengan JobsDB.com itu akan dibuka pada pukul 09.00 WIB, dan ditutup pukul 16.00 WIB, atau selama 8 jam. Bagi warga masyarakat  yang akan mengikuti simulasi CAT CPNS 2014 diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online diwebsite http://id.jobsdb.co.id/kampus “Untuk pengunjung yang mendapat nomor antrean di atas dua ribu, mungkin tidak akan kebagian. Hal ini perlu kita sampaikan, agar semua pihak memahami kekurangan ini,” imbuh Herman.

Simulasi CAT CPNS 2014 dilaksanakan oleh Kementerian  PANRB dan Badan Kepegawaian Negara, bekerjasama dengan JobsDB.com, dijadwalkan berlangsung di enam kota, yakni Bandung, Semarang (tanggal 12 bulan Juli tahun 2014), Denpasar (tanggal 14 bulan Juli tahun 2014), Surabaya (tanggal 16 bulan Juli tahun 2014), Makassar (tanggal 18 bulan Juli 2014), dan terakhir Medan tanggal 22 bulan Juli tahun 2014. Sebelumnya simulasi juga sudah dilaksanakan dua kali di Jakarta dan sekali di Bandung.

Simulasi CAT ini dilakukan sebagai upaya memperkenalkan sistem CAT kepada calon pelamar rekrutmnen/seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014. Pasalnya, dalam seleksi CPNS 2014 tahun ini seluruhnya menggunakan  sistem CAT, yang diyakini mampu mewujudkan transparansi/keterbukaan  dan obyektivitas dalam seleksi CPNS.