Ribuan Calon CPNS Ikuti Simulasi CAT CPNS di Kaltara

TANJUNG SELOR, Sedikitnya ada 4.910 peserta calon pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengikuti Simulasi CAT di Kalimantan Utara/Kaltara yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang menjalin kerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pusat dan Kantor Regional (Kanreg) BKN Banjarmasin. Simulasi tersebut dilaksanakan di laboratorium CAT CPNS yang telah disediakan Pemprov Kaltara di Jalan Durian, Tanjung Selor.
Berdasarkan  Surat  Kemenpanrb  Nomor  B-2432/M.PAN.RB/7/2013  dengan Perihal  Penerapan  Sistem  CAT/Computer  Assisted  Test dalam  Seleksi  CPNS  Tahun  2013  dan  2014  dan  Surat  Sekretaris  Kementerian  PAN-RB  Nomor B/2645/M.PAN-RB/07/2014  Perihal  Kebijakan  Pengadaan  Formasi  ASN  Tahun  2014,  serta  sebagai upaya  untuk  memperkenalkan  sistem CAT (Computer  Assisted  Test) kepada  Calon Pelamar  CPNS di Wilayah  Provinsi  Kalimantan  Utara, guna  meningkatkan  kapasitas  dan  keterampilan Calon  Pelamar CPNS di  Wilayah  Provinsi  Kalimantan  Utara, maka  dengan  ini Pemerintah Provinsi  Kalimantan  Utara melaksanakan Sosialisasi dan Simulasi CAT (Computer Assisted Test)

Bapak Aris Windiyanto selaku penyelenggara Kepala Pusat Pengembangan Rektrutmen PNS BKN Pusat mengatakan, kegiatan sosialisasi & simulasi sistem CAT CPNS ini merupakan upaya mengenalkan sistem komputerisasi yang masih jarang digunakan khalayak banyak. Kata Aris, hanya terdapat sejumlah kementerian lembaga serta instansi yang telah menerapkan sistem ini dalam menjalankan tugas dan fungsinya. “Sebenarnya sudah digunakan di beberapa kementerian lembaga, begitu juga pada proses lelang, serta sertifikasi guru (UKG). Semuanya menggunakan sistem CAT. Karena ini baru serentak diterapkan pada penerimaan CPNS 2014, maka perlu untuk disosialisasikan agar calon pelamar lebih familiar sisitem ini,” katanya, usai memberikan pengarahan kepada peserta sosialisasi CAT di lapangan Agathis, kemarin.

Dalam kesempatan simulasi tersebut juga, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh peserta simulasi agar selalu  memperbaharui informasi melalui media cetak, elektronik, maupun melalui media online untuk lebih memperjelas perihal pelaksanaan tes CPNS yang akan digelar September mendatang. dan bulan Agustus 2014 kira-kira tanggal 25 - 29 Agustus akan diadakan pendaftaran Calon pelamar CPNS , untuk semua masyrakat tidak dianjurkan mempercayai informasi yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, yang disinyalir dapat mengganggu pribadi calon pelamar saat mengikuti tahapan penerimaan CPNS nantinya.


Simulasi sistem kepada calon pelamar CPNS ini tidak dipungut biaya. Bagi calon peserta yang berasal dari kabupaten/kota. Sistem CAT ini akan meminimalisir kecurangan, serta menjaga objektifitas dan transparansi pelaksanaan tes, lantaran nilai peserta tes akan langsung terlihat seusai mengerjakan soal yang diujikan. Dalam sistem komputerisasi CAT tersebut, peserta juga dihadapkan dengan soal tes yang berbeda antara peserta satu dengan yang lainnya. Juga di sistem tersebut memiliki durasi pengerjaan soal. “Kalau waktu mereka sudah habis, tidak bisa diulangi lagi. Kalau simulasi, hanya sampai 15- 20 menit. Tetapi kalau tes aslinya, akan memakan waktu sampai 2 jam,” ungkapnya. 
Oleh Kemenpan-RB, provinsi Kalimantan Utara diberi sebanyak 300 kuota CPNS. Dari 300 kuota tersebut sedikitnya terdapat 40 (empat Puluh) formasi bagi lulusan SMK. Sementara sisanya diprioritaskan akan mengakomodir sarjana di bidang komunikasi, psikologi, teknik, kehutanan, serta penyuluh hukum, analisis kependudukan, penataan kota (planologi), serta bagian perencanaan pembangunan daerah.

sumber : kaltim.tribunnews.com