Hari Ini Career Fair CPNS Bogor Datangkan Simulasi CAT

Hari Ini Career Fair CPNS Bogor Datangkan Simulasi CATJAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali akan melakukan sosialisasi simualasi Computer Assisted Test (CAT) dalam Career Fair di Bogor.  Kegiatan serupa ini merupakan lanjutan dari acara serupa di Senayan City Jakarta Rabu - Kamis Minggu Kemari (18 – 19 Juni 2014), yang mendapat perhatian besar dari masyarakat.
 Kali ini Career Fair yang bertempat di Gedung Wanita, Jl. Jenderal Sudirman No. 23 Kota Bogor,  akan berlangsung dari hari ini Selasa sampai Rabu besok (24 - 25 Juni 2014) dari jam 10.00 s/d 16.00 WIB.
 
Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan, sosialisasi penggunaan sistem CAT ini dinilai sangat strategis. Pasalnya, pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) CPNS tahun 2014 ini seluruhnya menggunakan sistem CAT. “Kami berharap nantinya pelamar CPNS tidak ada lagi yang gagap CAT,” ujarnya di Jakarta, Senin (23/06).

Dengan penerapan dengan sistem CAT 100 persen, diharapkan para pelamar akan fokus belajar untuk mempersiapkan dirinya agar bisa mengerjakan soal-soal sehingga nilainya tinggi.  Seperti tahun lalu, materi TKD terdiri dari 3 kelompok soal. Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, tes TWK ini meliputi nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
- Pancasila;
- Undang Undang Dasar 1945;
- Bhinneka Tunggal Ika;
- Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintahdaerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).. Sedangkan kelompok kedua adalah yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang meliputi:
- Integritas diri;
- Semangat berprestasi;
- Kreativitas dan inovasi;
- Orientasi pada pelayanan;
- Orientasi kepada orang lain;
- Kemampuan beradaptasi;
- Kemampuan mengendalikan diri;
- Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
- Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
- Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
- Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.. Adapun kelompok soal ketiga adalah intelegensia umum, yang, meliputi  kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.

Sebab berdasarkan pengalaman tahun lalu, banyak peserta yang nilainya sudah memenuhi ambang batas (passing grade), tetapi tidak dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya. “Sebab banyak  peserta yang nilainya lebih tinggi. Untuk itu, kami imbau calon pelamar CPNS untuk benar-benar mempersiapkan diri dengan belajar sebaik-baiknya,” tambah Herman.  Penerapan sistejm CAT ini diyakini akan menjamin pelaksanaan seleksi ASN/CPNS yang kompetitif, obyektif, transparan dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), dan tidak dipungut biaya. “Kami peringatkan agar masyarakat mewaspadai, dan langsung menolak  kalau ada pihak-pihak yang mengaku bisa meluluskan menjadi CPNS. Itu bohong,” Herman menegaskan.

Pengadaan aparatur sipil Negara (ASN) khususnya CPNS tahun 2014 akan dibuka 100 ribu formasi, terdiri dari 65 ribu PNS dan 35 ribu Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sebanyak 482 instansi pemerintah pusat dan daerah mendapatkan formasi tambahan CPNS, dan akan membuka lowongan.  Disebutkan, untuk instansi pusat ada 31 Kementerian dan 40 lembaga. Sedangkan pemerintah daerah, terdiri dari sebanyak 28 provinsi dan 383 kabupaten/kota. Menurut rencana, pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dialaksanakan secara online, pada bulan Juli 2014 dan tes kompetensi dasar (TKD) akan dilaksanakan mulai Agustus 2014.

Berbeda dengan seleksi sebelumnya, tahun 2014 ini pemerintah memebrikan sejumlah kemudahan kepada calon pelamar. Untuk mendaftar secara online, pelamar tidak perlu menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, dan Kartu Kuning. Surat-surat tersebut diperlukan jika yang bersangkutan sudah dinyatakan lulus.

sumber : menpan.go.id