CAT CPNS Dilaksanakan di 486 (Empat Ratus Delapan Puluh Enam) Tempat

CAT CPNS Dilaksanakan di 486 (Empat Ratus Delapan Puluh Enam) Tempat JAKARTA - Kegiatan yang mengagendakan seleksi pegawai ASN yaitu dalm hal ini adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 yang akan mempergunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT)/CBT (Computer Based Test) akan diselenggarakan di 486 tempat. Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN) siap melaksanakan CAT CPNS sebanyak 150 tempat, sementara fasilitas uji kompetensi guru (UKG) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan dilaksanakan sebanyak 336 tempat, yang umumnya berlokasi di daerah/kabupaten. Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN) yang  tahun 2013 baru memiliki 640 unit fasilitas CAT, tahun ini diperbanyak  menjadi 1.215 Personal Computer yang siap digunkan dalam pelaksanaan seleksi ASN 2014. Personal Computer tersebut 125 berada di Kantor Pusat BKN, 50 Personal Computerdi Kanreg V BKN Jakarta, 40 Personal Computer di Kanreg IX BKN Jayapura dan 1.000 Personal Computer lainnya tersebar di10 Kanreg BKN.

Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Eko Sutrisno sudah memastikan bahwa BKN mampu memfasilitasi seluruh kementerian/lembaga & pemerintah daerah/pemda, baik provinsi maupun  kabupaten/kota yang telah mengajukan permohonan fasilitasi CAT-BKN. Secara keseluruhan, fasilitas CAT CPNS BKN bisa menjangkau 150 tempat yang tersedia di seluruh provinsi dan kabupaten/kota.

Selain fasilitas BKN, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) juga memanfaatkan fasilitas Uji Kompetensi Guru (UKG) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) yang tersebar di 336 tempat.  Untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) Kementerian/Lembaga Panselnas akan dilakukan di 68 tempat, provinsi di 28 tempat, dan 390 tempat untuk Kabupaten/kota, “Total ada 486 tempat  tempat pelaksanaan CAT pada tahun ini,“ ujar Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Arizal.

Arizal menambahkan penggunaan fasilitas UKG untuk sistem CAT sendiri baru dilaksanakan pada tahun ini. Panselnas kini tengah melakukan pengintegrasian sistem CAT ke fasilitas UKG, “Kami  perlu masukan & evaluasi lebih lanjut sebelum pelaksanaan TKD dilaksanakan,” ujarnya.

Ujian TKD diperlukan untuk mengukur kemampuan soft competency pelamar. Bobot untuk TKD adalah 60%, dan 40% untuk tes kompetensi bidang (TKB). Materi TKD meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), karakteristik pribadi (TKP), dan intelegensia umum.

sumber : menpan.go.id